By | June 6, 2020

Lokasi yang strategis akan membuat bisnis properti menjadi semakin bernilai tambah. Misalnya lokasi yang dekat dengan pusat keramaian serta mudah diakses tentunya menjadi pilihan lokasi yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai lahan pengembangan properti. Bisnis properti ini mungkin masih kurang dimintai karena membutuhkan modal yang cukup besar. Namun, meskipun modal yang dikeluarkan pertama terbilang cukup besar, tetapi hasil yang akan diperoleh pun tidak kalah besarnya. Tentunya hal itulah yang menjadi bahan pertimbangan orang untuk terjun ke bisnis properti. Untuk Anda yang pemula dan baru ingin menjajal bisnis ini, tentunya berikut ini beberapa tip jitu supaya bisnis Anda berjalan dengan sukses.

Kami akan menjaga informasi yang akurat dan terkini, namun Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi. Silakan verifikasi informasi kartu kredit, dan tingkat suku bunga selama proses aplikasi. Setiap Anda memperoleh keuntungan dari komisi, pastikan Anda menyisihkan sebagian pendapatan tersebut untuk ditabungkan dan memperbesar usaha Anda nantinya. Dengan berbagi rejeki, niscaya rezeki Anda pun dimudahkan oleh Tuhan. Jika anggaran Anda terbatas, Anda bisa meminjam terlebih dahulu kepada kerabat keluarga atau bank dan berkomitmen untuk mengembalikannya tepat waktu.

Membuat bisnis property

Selanjutnya kamu bisa mencatat detail rumah, seperti luasan, jumlah kamar, kondisi bangunan, dan juga sertifikat rumah. Sebagai gambaran, jika sebuah rumah dengan tipe 80 disewakan dengan harga 25juta/tahun, maka jika rumah tersebut dijadikan homestay, Anda bisa mendapatkan Rp700ribu/hari. Jika dalam satu bulan homestay tersebut disewa sebanyak 15 hari maka Anda bisa mendapatkan Rp10,5 juta/bulan atau Rp126 juta/tahun. Biasanya, developer besar sudah menjalin kerja sama dengan lembaga perbankan untuk menjual rumah secara kredit. Untuk bertahan dalam bisnis satu ini, Anda perlu jeli melihat pasar yang tidak tergarap oleh developer-developer besar tersebut. Anda bisa menjual satu per satu rumah dalam proyek hunian tersebut dengan sistem cash keras maupun kredit.

Namun apabila lokasinya jauh dari pembangunan, maka peningkatan harganya pun akan sedikit dan lama. Anda juga perlu menentukan apakah Anda hanya ingin berinvestasi modal, membeli untuk dijual kembali, atau membeli untuk disewakan. Apabila Anda hanya ingin berinvestasi modal, maka pekerjaan rumah Anda akan lebih sedikit.

Tentu saja sangat penting untuk punya relasi yang banyak dan luas, karena otomatis reputasi Anda pun kian diketahui banyak orang, sehingga bisa berkembang dari skala kecil hingga besar. Sehingga, Anda bisa lebih mudah memperoleh information mengenai properti sekaligus berpeluang menjalin kerja sama yang akan menghasilkan keuntungan yang tak disangka. Bahkan kemungkinan Anda bisa menggunakan aset orang lain untuk dijual, sehingga Anda bisa menjalankan bisnis properti tanpa modal. Untuk mencari properti yang dijual, pertama-tama kamu harus rajin mendatangi lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang dilangsungkan di daerah terdekat kamu. Apalagi beberapa survey menyatakan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki tempat tinggal/rumah.

Dari modal yang didapat, Anda bisa langsung membeli properti berdasarkan hasil riset yang sudah dilakukan. Bisnis properti memang sektor usaha yang bersinar, mengingat banyaknya orang yang mencari properti setiap harinya. Karena itu, bisnis ini jadi sangat potensial termasuk untuk pemula. Nah, itulah sekilas panduan cara bisnis properti yang bisa membuat Anda untung meskipun tanpa modal.

Lewat konten, Anda bisa menjawab semua pertanyaan yang klien punya. Dari situ pula, Anda bisa menunjukkan bahwa Anda memahami berbagai pertimbangan klien soal properti. Jika ingin berinvestasi di tipe properti ini, Anda memang harus mengeluarkan modal yang cukup banyak.

Selain itu, Investor Ajaib juga dapat melihat analisis berdasarkan indikator teknikal, memantau perubahan harga, dan melihat sentimen pasar berdasarkan berita-berita terkini. Investor Ajaib diharapkan untuk dapat memahami risiko sebelum berinvestasi. Bisnis properti ini bisa kamu jalankan sebagaifreelanceatau bersertifikat yang bernaung di bawah perusahaan properti. Bisnis yang satu ini bisa kamu lakukan dengan modal dengkul dan sebagai sampingan. Anda bisa membeli tanah dengan harga yang dipatok per meter persegi, jadi dapat disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Modal 100 juta untuk memulai bisnis properti memang tidak bisa dibilang besar, tetapi itu bukan pula nominal yang kecil.